Link Banner

Regulasi Ion H+ Pada Sistem Respirasi

PEMBERITAHUAN KEPADA PENGUNJUNG BAHWA BLOG INI DIALIHKAN KE
KLIK DISINI-E3NCLOUD

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
imageRegulasi Ion H+ Pada Sistem Respirasi – Kali ini saya akan membagikan informasi mengenai regulasi ion hidrogen pada sistem respirasi. regulasi ini membantu untuk menyeimbangkan tingkat keasaman dan kebasaan darah dalam tubuh. informasi berikut disertai referensi atau sumber yang valid.
System respirasi dan system pada ginjal bekerja sama untuk mempertahankan pH darah jika jika system buffer kimi tidak mampu untuk meregulasinya. Akan tetapi regulasi yang terjadi pada system respirasi dan di ginjal kinerjanya lambat dibandingkan dengan system buffer kimia.

Pada system respirasi berperan untuk eleminasi molekul CO2 dan Asam dari dalam tubuh sementara terjadi pemasukan O2 untuk digunakan dalam metabolism sel. CO2 terbentuk karena hasil metabolism sel dan ketika memasuki erythrocyte dan dikonversi menjadi ion bicarbonate untuk yang berdfungsi sebagai buffer dalam plasma.
 clip_image001
Reaksi diatas berlaku reversible atau bolak-balik. Jadi dalam suatu kasus, apabila terjadi alkalosis metabolic (pH darah tinggi akibat gangguan metabolic) maka system respirasi akan memberikan kompensasi berupa hipoventilasi untuk meningkatkan kadar CO2 dalam plasma darah sehingga pH darah dapat diturunkan sehingga pH darah kembali normal.clip_image003
Ketika terjadi acidosis metabolic (pH darah rendah akibat gangguan metabolic) maka kompensasi yang diberikan oleh system respirasi yaitu hiperventilasi supaya kadar CO2 dapat dikurangi sehingga reaksi akan berpindah sehingga ion H+ akan di konversi menjadi asam carbonate (H­2CO3) dan diurai menjadi carbon dioxide dan H2O sehingga ion H+ dapat dikurang di dalam darah sehingga pH darah meningkat dan kembali ke keadaan yang normal.clip_image005

Sumber:

Martini FH, Nath JL, Bartholomow EF. Fundamentals of Anatomy and Physiology. 9th ed. USA: Pearson Education; 2012.
Marieb EN, Hoehn K. Human Anatomy and Physiology. 9th ed. USA: Pearson Education; 2013.










PEMBERITAHUAN KEPADA PENGUNJUNG BAHWA BLOG INI DIALIHKAN KE
KLIK DISINI-E3NCLOUD

0 Response to "Regulasi Ion H+ Pada Sistem Respirasi"

Posting Komentar

PEMBERITAHUAN KEPADA PENGUNJUNG BAHWA BLOG INI DIALIHKAN KE
KLIK DISINI-E3NCLOUD

Langganan Artikel dan E-Book Gratis, Langsung dikirim ke Email kamu.